Program Studi Agroteknologi

Visi dan Misi Program  Studi AGROTEKNOLOGI
Visi
“Menjadi program studi yang unggul di tingkat nasional pada tahun 2025 berbasis pada sistem pertanian berkelanjutan dan berorientasi kewirausahaan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang agroteknologi yang berkualitas, kompetitif, dan inovatif berbasis sistem pertanian berkelanjutan, berorientasi kewirausahaan.
  2. Meningkatkan budaya meneliti dan kualitas penelitian dalam bidang agroteknologi sehingga mampu mendorong kemajuan ilmu dan teknologi melalui peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi;
  3. Menyelenggarakan dan meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian atau kebutuhan masyarakat baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan para pihak.

Profil Lulusan:

  1. Manajer dari suatu usaha/bisnis di bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian. Termasuk ke dalam kelompok  ini  adalah  perencana,  penyelenggara, penggerak, dan  pengendali  (mengacu kepada  prinsip-prinsip  manajemen:  POAC)  dari suatu  kegiatan pertanian atau kegiatan yang berkaitan dengan pertanian.
  2. Pelaku Bisnis (entrepreneur) yang bergerak di bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian.
    Peneliti yang bekerja di lingkup pertanian, baik di lembaga-lembaga litbang pertanian, pusat-pusat penelitian/pusat-pusat kajian pertanian, dan balai-balai penelitian.
  3. Pendidik, yang meliputi: dosen di perguruan tinggi penyelenggara pendidikan pertanian, widyaiswara, dan guru sekolah kejuruan bidang pertanian.
  4. Konsultan, sebagai konsultan di bidang pertanian.
  5. Birokrat, yaitu pelaku di bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian, teknokrat, dan pengambil kebijakan/keputusan di bidang pertanian.
  6. Komunikator, sebagai fasilitator, motivator, dan mediator di bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian, dan penyuluh pertanian (PPL, PPS, PPM).

Info Selengkapnya http://agroteknologi.mercubuana-yogya.ac.id/