34 LK UMBY Siap Kembangkan Potensi
07 May 2024
220
by Fitriana Fitriana

Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan serah terima Surat Keputusan (SK) Lembaga Kemahasiswaan (LK) di Ruang Seminar, Kampus 1 pada hari Selasa (30/04/24). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, serta jajaran Biro Kemahasiswaan dan Alumni.

“UMBY sangat berterima kasih kepada seluruh LK yang masih aktif untuk menjadi wadah pengembangan mahasiswa. Kepengurusan LK dikatakan berhasil jika selalu ada regenerasi yang terbentuk, sehingga kampus sangat berharap agar LK yang saat ini menerima SK dapat mempertahankan eksistensinya dan menjalan program kerja yang bermanfaat,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ir. Wafit Dinarto, M.Si.

 

Rektor UMBY, Dr. Ir. Agus Slamet, S.TP., M.P. juga menekankan tujuan penting adanya UKM di UMBY, yaitu menjadi wadah pengembangan potensi mahasiswa, pembentukan karakter, peningkatan keterlibatan dan keterikatan dengan kampus, wadah pengembangan softskill, dan pembinaan bakat dan prestasi.

 

“UKM memiliki peran yang sangat penting untuk memperkaya pengalaman mahasiswa di kampus, membantu mahasiswa tumbuh dan berkembang secara holistik, dan dapat membantu mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di masa depan,” ungkap Agus Slamet.

Hanif, Ketua UKM Bola Basket berterima kasih atas dukungan baik fasilitas maupun pendanaan yang selalu diberikan kampus untuk mengembangkan potensi mahasiswa di UKM.

 

“UKM tidak hanya memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi dibidang yang diminati, melainkan dapat mengembangkan softskill lain, mengembangkan karakter tanggungjawab dan disiplin serta membangun komunitas yang solid dan mendukung para pecinta bakat dan minat sesuai bidang masing-masing,” jelas Hanif.

 

“Pada tahun 2024 ini, tercatat ada 34 organisasi kemahasiswan aktif yang terdiri dari 13 UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), 3 DPM Fakultas, 5 BEM Fakultas, dan 13 HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi). Untuk DPMF, BEMF, dan HMPS SK diterbitkan langsung oleh Dekan Fakultas masing-masing, sehingga pada hari ini serah terima SK diberikan kepada UKM,” jelas Kepala Biro Kemahasiswan dan Alumni, Ir. Reo Sambodo, S.P., M.M.A.

 

Adapun DPMF yang masih aktif di tahun ini yaitu DPMF Psikologi, DPMF Ilmu Komunikasi & Multimedia, dan DPM FKIP. Kemudian untuk BEMF yaitu BEMF Psikologi, BEMF Ilmu Komunikasi & Multimedia, BEM FKIP, BEMF Agroindustri, dan BEMF Ekonomi. Sedangkan untuk HMPS semua aktif yaitu HMPS Psikologi, HMPS Ilmu Komunikasi, HMPS Pendidikan Matematika, HMPS Pendidikan Bahasa Inggeis, HMPS Bimbingan dan Konseling, HMPS Ilmu Keolahragaan, HMPS Teknologi Hasil Pertanian, HMPS Agroteknologi, HMPS Peternakan, HMPS Manajemen, HMPS Akuntansi, HMPS Sistem Informasi, dan HMPS Informatika.

 

Penyerahan SK LK diberikan oleh Rektor UMBY didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan serta Kepala Biro Kemahasiswaan & Alumni. Adapun UKM yang aktif di UMBY saat ini yaitu UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Nafiri, UKM KSR PMI, UKM Bola Basket, UKM Sepak Bola, UKM Taekwondo, UKM Umbrella (UMBY Relawan Anti Narkoba), UKM Teather Senthir, UKM Mahapala, UKM Resimen Mahasiswa (Menwa), UKM PSHT, UKM Christiporus, UKM Himamaerta, dan UKM Talenta.