6 Dosen Ilmu Komunikasi UMBY Lulus Sertifikasi Internasional CICS
08 Jul 2024
342
by Fitriana Fitriana

Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia Universitas Mercu Buana Yogyakarta (FIKOMM) bekerjasama dengan American Academy of Project Management (AAPM) menggelar uji sertifikasi kompetensi tingkat internasional Certified International Communication Specialist (CICS). AAPM merupakan lembaga sertifikasi profesi resmi yang diakui oleh pemerintah Amerika Serikat dan pemerintah Indonesia khususnya Kemendikbudristek. Pada sertifikasi tersebut yang diujikan agar dinyatakan berkompetensi oleh pihak AAPM diantaranya terkait communication management, interpersonal communication, organization/corporate public relation and marketing, risk management communication, and artificial intelligent in communication field.

Uji kompetensi ini dihadiri oleh Dekan FIKOMM UMBY, Dr. Didik Haryadi Santoso, M.A., dan Prof. Dr. Ir. Fauzi Hasan, MM., MBA., MPM., CWM., ASCA, Direktur The American Academy of Project Management Chapter Asia Pasific. Dalam sambutannya, Dr. Didik Haryadi Santoso menyampaikan bahwa uji sertifikasi kompetensi merupakan implementasi MoU antara FIKOMM UMBY dengan AAPM dan merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya dosen Prodi Ilmu Komunikasi dalam bidang komunikasi internasional.

 

“Kegiatan ini sebagai upaya peningkatan standar program studi pada level internasional, dosen Ilmu Komunikasi harus memiliki kompetensi yang mumpuni dalam bidang komunikasi di tingkat internasional pula. Melalui sertifikasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sehingga para dosen siap, sanggup, dan mampu dalam menghadapi tantangan perubahan yang pesat sehingga melahirkan lulusan yang berkompeten pula,” urai Didik Haryadi.

 

Setelah pada 15-19 Mei 2024 dilakukan uji kompetensi, pada akhir Juni 2024 AAPM memberikan hasil verifikasi kelayakan kompetensi. Terdapat enam dosen Ilmu Komunikasi yang dinyatakan lolos sertifikasi dan berhak menyandang gelar non akademik CICS yaitu Arief Nuryana M.I.Kom., Iksan Fauzi Adha M.I.Kom., M. Nastain M.I.Kom., Rila Setyaningsih M.SI., Rosalia Prismarini M.A., dan Dr. Didik Haryadi Santoso M.A.

 

Rektor UMBY, Dr. Ir. Agus Slamet, S.TP., MP., MCE., mengungkapkan bahwa tambahan gelar Certified International Communication Specialist pada 6 dosen Ilmu Komunikasi merupakan tuntutan agar UMBY dapat mewujudkan menjadi universitas yang berwawasan internasional pada tahun 2029. Disamping itu, hal ini adalah upaya melahirkan lulusan Ilmu Komunikasi yang berkompeten dengan diawali dosen-dosennya yang memang teruji kompetensinya.

 

“Kami ingin mewujudkan visi UMBY yakni universitas yang berwawasan internasional pada tahun 2029 sehingga dosen-dosennya dituntut untuk memiliki kompetensi skala internasional agar dapat melahirkan lulusan yang berkompeten,” terang Agus Slamet.