Angkat Keberagaman, Paduan Suara Nafiri Sukses Gelar Konser
13 May 2024
172
by Farida Dian Farida Dian

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Nafiri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) baru saja menggelar konser pada Sabtu (4/5/2024). Pagelaran ini sukses dilangsungkan selama dua jam, mulai pukul 19.00-21.00 WIB di Syantikara Youth Centre. Acara ini merupakan konser pertama yang diadakan secara offline setelah pandemi sejak 2020 lalu.

Kati Wulansari, bendahara sekaligus salah satu anggota divisi suara alto Nafiri, mengungkapkan bahwa konser yang bertema Abhipraya Wangsulan Sahitya ini mengangkat judul “Bianglala” yang artinya Pelangi.

“Konser ini diadakan dalam rangka konser comeback Nafiri untuk offline lagi. Judul dan tema mengangkat kesolidaritasan untuk comeback bersama-sama. Tema Abhipraya Wangsulan Sahitya diambil dari 2 bahasa, Abipraya bahasa Sanskerta, Wangsulan bahasa Jawa, Sahitya bahasa Sanskerta. Bila digabungkan artinya harapan untuk terjalinnya solidaritas. Judul konsernya Bianglala, dari bahasa Melayu yang artinya Pelangi. Pelangi memiliki banyak warna sesuai dengan Nafiri yang anggotanya terdiri dari bermacam-macam daerah dan suku, bila disatukan menjadi indah seperti pelangi,” ujar Kati.

Konser ini dibuka untuk umum dengan memesan tiket secara online maupun on the spot. Acara ini juga mengundang berbagai pihak, dari kampus, PSM lain, Lembaga Kemahasiswaan (LK) seperti BEM, HIMA dan lain-lain. Dengan disaksikan oleh kurang lebih 150 orang, Nafiri menampilkan 7 lagu dan 1 medley lagu daerah. Anggota Nafiri yang berpartisipasi dalam konser tersebut sebanyak 27 penyanyi, 3 pemusik dengan dipimpin oleh Bagus S Utomo sebagai conductor.

“Harapannya semoga Nafiri bisa terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi. Setelah konser ini kami ingin mengikuti lomba tingkat nasional yang akan dilangsungkan pada bulan Agustus mendatang. Semoga pihak UMBY bisa terus memberikan dukungan penuh untuk kami bisa berkembang menjadi lebih besar dan membawa nama baik UMBY,” tambah Kati.

Hadir dalam acara tersebut Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd. selaku Kabag Kemahasiswaan dan Dr. St. Tri Guntur Narwaya, M.Si, dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia (Fikomm) UMBY yang turut mendukung acara tersebut.

“Kami turut bangga dan mengapresiasi atas suksesnya konser UKM Paduan Suara Nafiri setelah lama vakum akibat pandemi kemarin. Acara ini menjadi momentum untuk persiapan mengikuti lomba kedepannya. Semoga kedepannya Nafiri semakin berkembang dan membawa harum nama UMBY,” ungkap Nafida.