Fakultas dan Program Studi Psikologi DIY Sharing Kurikulum Prodi Pendidikan Profesi
13 May 2024
139
by Farida Dian Farida Dian

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menjadi tuan rumah acara Syawalan dan Sharing Session Kurikulum Prodi Pendidikan Profesi Psikologi yang digelar oleh Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) Wilayah DIY. Acara ini sukses digelar di Auditorium Kampus 3 UMBY pada Sabtu (4/5/2024) lalu. Rangkaian kegiatan tersebut dihadiri oleh 27 peserta yang terdiri dari pengurus AP2TPI Wilayah DIY, serta perwakilan dari seluruh Fakultas dan Program Studi Psikologi di DIY, termasuk Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Universitas Cendekia Mitra Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Proklamasi 45, Universitas Sanata Dharma, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, dan Universitas Teknologi Yogyakarta.

Kegiatan diawali dengan sambutan hangat dari Koordinator AP2TPI Wilayah Yogyakarta, Reny Yuniasanti, Ph.D., Psikolog. “Kegiatan ini sebagai koordinasi, kolaborasi dan berbagi informasi mengenai pengelolaan Pendidikan Profesi Psikologi dari 4 Fakultas yang telah menyelenggarakan Pendidikan Profesi Psikologi yaitu UGM, UMBY, UII dan UAD,” ujarnya.

Selain itu, turut hadir Pengurus Pusat AP2TPI, Rahmat Hidayat, M.Sc, Ph.D. yang  menyampaikan pembahasan mengenai garis besar rencana Kolokium Khusus AP2TPI tahun 2024. Kolokium ini rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 11-12 Juli 2024 di Surabaya, untuk memaparkan arah kurikulum Pendidikan Psikologi terbaru khususnya jenjang S1 Psikologi.

Fakultas Psikologi UMBY sendiri diwakili oleh jajaran pengelola dari Program Studi S1, Magister Psikologi, dan Prodi Pendidikan Profesi Psikologi. Nina Fitriana, Ph.D selaku Kaprodi Magister Psikolog menyambut baik kegiatan yang dilakukan AP2TPI wilayah DIY sehingga dapat menjadi ajang silaturahim dan diskusi, harapannya kegiatan serupa dapat terus dilakukan.

Acara dilanjutkan dengan sharing session oleh perwakilan dari Fakultas Psikologi yang menjadi pelaksana Program Studi Pendidikan Profesi Psikologi. Acara diskusi yang diselenggarakan juga menampung masukan dan pertanyaan dari seluruh Fakultas dan Prodi Psikologi tentang pengelolaan Program Studi Psikologi. Tindak lanjut dari kegiatan ini sebagai langkah awal inisiasi kolaborasi bersama seluruh Fakultas dan Prodi Psikologi DIY untuk pengelolaan program studi. Sharing session ini diharapkan dapat menjadi wadah munculnya inovasi dan strategi baru dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi psikologi yang dapat meningkatkan kualitas lulusan dan relevansinya dengan kebutuhan masyarakat.