Hilda W.R. Hamid, Alumni Pendidikan Matematika UMBY Raih Beasiswa S2 LPDP
07 May 2024
168
by Farida Dian Farida Dian

Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) merupakan salah satu program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan. Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada calon-calon pemimpin masa depan Indonesia untuk menempuh pendidikan lanjutan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Beasiswa LPD menawarkan berbagai jenis beasiswa, salah satunya untuck pendidikan S2 mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, biaya perjalanan, dan berbagai tunjangan lainnya yang diperlukan oleh penerima beasiswa beasiswa selama masa studi mereka.

Hilda Widia Rita Hamid, S.Pd. salah satu alumni Pendidikan Matematika, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) tercatat sebagai salah satu penerima beasiswa S2 LPDP di Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

“Saya sangat bersyukur menjadi alumni Prodi Pendidikan Matematika UMBY. Selama kuliah, saya tidak hanya memperoleh pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep matematika yang kompleks, tetapi juga belajar bagaimana menyampaikan materi dengan cara yang jelas dan efektif keypad orang lain,” ungkapnya.

Hilda juga saat ini tercatat sebagai Guru Matematika SMA Negeri 3 Maluku Tenggara, kembali ke daerah asalnya. Salah satu nilai yang sangat berharga dari Prodi Pendidikan Matematika yang dirasakan oleh Hilda adalah kemampuan untuk berpikir analitis dan logis.

“Pendidikan Matematika selalu mengikuti perkembangan zaman, dengan kurikulum yang up to date sesuai kebutuhan pasar. Pendidikan Matematika UMBY saat ini lebih banyak praktik mengembangkan teknologi pembelajaran matematika dan kemampuan edupreneurship. Karena, berdasarkan presentase lulusan dari prodi diketahui telah banyak alumni yang bekerja dibidang pendidikan, melanjutkan studi, menjadi pengusaha, developer media pembelajaran, dan kerja di perbankan. Sehingga Prodi Pendidikan Matematika selalu menambahkan soft skill kepada mahasiswa agar lebih siap di lapangan,” ungkap Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd., Ketua Prodi Pendidikan Matematika.

Sebagai alumni Pendidikan Matematika, Hilda juga mengatakan bahwa selama kuliah program studi selalu berfokus pada pengembangan keterampilan yang sesuai. Matematika tidak sesulit yang dibayangkan selama ini, karena didampingi oleh dosen-dosen professional yang dapat menjadi teman bagi mahasiswa.

Dekan FKIP UMBY, Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd. sebagai salah satu dosen Pendidikan Matematika UMBY menyampaikan ucapan selamat kepada Hilda Widia Rita Hamid yang telah diterima beasiswa S2 LPDP.

“Hilda, mahasiswa saya dulu semasa kuliah. Dirinya memang memiliki kognitif yang bagus dan kemampuan pedagogi yang baik. Saya juga sangat mengapresiasi prodi Pendidikan Matematika UMBY karena kurikulum yang ada sesuai dengan perkembangan saat ini, yaitu mengintegrasikan teknologi, pembelajarannya didesain berbasis proyek, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, penekanan pada literasi data, dan pengembangan keterampilan kritis dan kreativitas,” tandasnya.