KKN 10 UMBY Laksanakan Pengabdian di Padukuhan Wilayu, Aktifkan Kembali PKK dan Bentuk Kelompok Belajar
12 Feb 2024
426
by Farida Dian Farida Dian

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Kelompok 10 melangsungkan kegiatan pengabdian di Padukuhan Wilayu, Kalurahan Pacarejo, Gunungkidul, Yogyakarta, dibawah bimbingan dosen pembimbing Ardhika Falaahudin, M.Or. Berbagai program kerja telah dilaksanakan diantaranya mengaktifkan kembali PKK Padukuhan Wilayu, Funland Education dan Pengajian Isra Miraj.

Pada Rabu (24/01/24), kegiatan pengaktifan kembali PKK Padukuhan Wilayu dilaksanakan di Balai Padukuhan Wilayu. Kegiatan ini di hadiri 35 Ibu-Ibu Padukuhan Wilayu, Kepala Padukuhan Wilayu, Muchammad Heri Kristyanta, Pengurus Lama PKK, serta Pengurus Wanita Tani (PWT).  Beberapa program kerja yang di susun oleh tim 10 KKN-PPM UMBY adalah mengadakan posyandu lansia dan balita, pengolahan limbah plastik menjadi kerajinan tas dan sejenisnya, pembuatan bucket, pengajian, apotik hidup/TOGA di tiap RT, serta pengelolaan pupuk kompos dari sisa makanan. Kolaborasi antara mahasiswa dan tokoh masyarakat setempat memainkan peran penting dalam menghidupkan kembali kegiatan PKK yang telah tidak aktif sejak tahun 2021.

Wanda Allya Yahya selaku ketua kegiatan mengungkapkan bahwa melalui kolaborasi ini, diharapkan ibu PKK Padukuhan Wilayu dapat menjadi motor penggerak dalam meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat setempat.

KKN 10 juga memiliki visi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Wilayu dengan cara yang menyenangkan dan inovatif. Para mahasiswa membuka kelompok belajar berisi kelas-kelas menarik yang sesuai dengan minat dan kebutuhan warga, mulai dari kelas membaca, mewarnai, kegiatan sisih-tabung, kelas public speaking, pengenalan teknologi, hingga pembelajaran etika berbasis teknologi melalui animasi. Program ini diberi nama Funland Education.

Salah satu keunikan dari Funland Education adalah metode pembelajarannya yang menggunakan permainan, simulasi, diskusi, dan kegiatan lapangan. Selain itu, Funland Education melibatkan warga sebagai pengajar secara bergantian, sehingga tercipta suasana belajar yang interaktif dan demokratis. Sejak berjalannya Funland Education, masyarakat menanggapi dengan positif kegiatan belajar dan bermain untuk semua usia tersebut.

"Saya pribadi sangat senang dan mengapresiasi kegiatan dari mahasiswa-mahasiswi KKN-PPM UMBY Kelompok 10 di kampung kami. Sangat terbantu dan berterimakasih dengan adanya kegiatan ini, karena dapat membantu pemahaman belajar anak-anak, dapat menumbuhkan keterampilan serta bakat dari anak-anak," kata Muchamad Heri Kristyanta, Kepala Padukuhan Wilayu.

Mahasiswa KKN kelompok 10 juga ikut serta dalam kegiatan Pengajian Akbar memperingati Isra Miraj di Masjid Nur Iman Padukuhan Wilayu, Pacarejo, Gunungkidul pada Rabu (07/02/24). Sebanyak lebih dari 500 jamaah berkumpul untuk menghadiri Pengajian Akbar yang digelar dengan megah. Tidak hanya warga sekitar, namun juga jamaah dari berbagai wilayah di Kabupaten Gunungkidul turut meramaikan acara tersebut. Kebersamaan semakin terasa dengan kehadiran kepala Dukuh Wilayu, perangkat desa, tokoh agama, dan aparat kepolisian setempat yang turut menyempurnakan kegiatan pengajian.

"Pengajian Akbar ini baru pertama kali diadakan di Dusun Wilayu. Semoga acara seperti ini dapat diadakan rutin dan berkelanjutan," kata Supriati selaku warga Padukuhan Wilayu.

Ardhika Falaahudin,M.Or. selaku Dosen Pembimbing Lapangan kelompok 10 berharap kolaborasi antara mahasiswa KKN 10 dan masyarakat Padukuhan Wilayu dapat membantu pengembangan masyarakat setempat dan menjadi jembatan dalam menangani masalah-masalah yang ada di Padukuhan Wilayu.