KKN 34 UMBY Sosialisasikan Pentingnya Pendidikan
12 Feb 2024
561
by Fitriana Fitriana

Kelompok 34 Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan “Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Wajib Belajar 12 Tahun” di SMP N 1 Semanu pada Rabu (31/01/2024). Kegiatan diikuti oleh siswa kelas 9 sebanyak 186 siswa. Pendidikan merupakan investasi penting untuk itu tim KKN 34 sebagai agen pengabdian kepada masyarakat bermaksud mengajak anak-anak di SMP N 1 Semanu agar semangat dalam mengenyam mendidikan 12 tahun yakni dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

“Kami meneruskan dari kebijkaan Pemerintah yang menghimbau agar anak-anak Indonesia dapat menuntaskan pendidikan selama 12 tahun. Kami berharap melalui sosialisasi ini anak-anak di SMP N 1 Semanu dapat termotivasi meneruskan sekolah hingga SMA atau sederajat bahkan lebih tinggi lagi,” ungkap Ketua tim KKN 34, Yahya Sulha Murtadlo.

Yahya Sulha melanjutkan bahwa saat ini di Desa Tunggul Timur, Desa Semanu, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul menunjukkan bahwa rata-rata pendidikan hanya sampai di tingkat sekolah dasar, untuk sekolah menengah pertama pun terbilang minim.

Kegiatan sosialisasi disampaikan oleh Bella Vista Tampubolon mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UMBY. Sosialisasi ini merupakan bekal persiapan agar siswa lebih matang dalam menentukan sekolah selanjutnya. Program wajib belajar 12 tahun membantu Pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan dasar pendidikan yang cukup kepada seluruh anak-anak di Indonesia.

“Sosialisasi yang digelar tim KKN 34 kepada siswa kelas 9 ini sangat bermanfaat, karena dapat membantu memberikan pandangan dan wawasan yang lebih matang agar siswa kelas 9 meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” ujar kepala SMP N 1 Semanu, Dalno Legowo, S.Pd., M.Pd.

Rindyani Nadia Wulansari, salah satu peserta sosialisasi menerangkan bahwa dirinya sangat bersemangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi agar kualitas pendidikan di keluarganya semakin baik.

Tim KKN 34 UMBY selain melakukan sosialiasi pentingnya pendidikan, mereka juga melakakukan kegiatan seperti edukasi fun untuk anak-anak PAUD, sosialisasi stunting, literasi digital dan pemanfaatan media sosial.