Launching 419 Sertifikat Hak Cipta Luaran Buku Laporan KKN-PPM Mengawali Pembekalan KKN-PPM UMBY Angkatan 45
04 Jul 2024
133
by Fitriana Fitriana

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sukses menyelenggarakan pembekalan dan pengenalan program Kuliah Kerja Nyata - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang dibuka dengan peluncuran 419 Sertifikat Hak Cipta luaran oleh KEMENKUMHAM. Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh 440 perwakilan mahasiswa dari total 1.257 peserta KKN dari berbagai jurusan yang sebagian peserta menghadiri via zoom. Pembekalan berlangsung pada Senin (24/6/24) di Auditorium kampus 3 UMBY, Jl. Ring Road Utara, Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Dr. Ir. Agus Slamet, S.TP., M.P., MCE selaku Rektor UMBY. “KKN pada angkatan ini terdapat 43 mahasiswa yang tergabung dalam program KKN-PPM Penugasan Khusus, sebanyak 1.021 mahasiswa mengikuti program KKN Reguler yang akan ditempatkan pada 2 kapanewon di Gunung Kidul, serta sebanyak 117 mahasiswa mengikuti program KKN Mandiri yang akan menjalankan KKN di lokasi mitra, dan 76 mahasiswa lainya menjalankan program KKN Tematik dibawah naungan Disperindag Kota Yogyakarta,” jelasnya.

Salah satu sorotan utama dalam pembekalan ini adalah turut dilaksanakannya peluncuran 419 hak cipta buku luaran yang merupakan karya ciptaan peserta KKN-PPM UMBY periode 2022-2023 yang diresmikan oleh Yustina Elistya Dewi, S.Sos., M.Si selaku Kepala Bidang Pelayanan Hukum KEMENKUMHAM Kanwil DIY, didampingi oleh Rektor, Kepala LLPM dan Ketua KKN-PPM UMBY.

"Hal ini menandai pencapaian luar biasa dalam pendokumentasian dan pengakuan resmi atas kontribusi intelektual para mahasiswa, sekaligus mendorong semangat untuk terus berkarya dan berinovasi dalam setiap angkatan KKN berikutnya,” imbuh Dr. Agus Slamet.

Luky Kurniawan, S.Pd., M.Pd selaku Kepala LPPM UMBY menambahkan bahwa kegiatan launching oleh KEMENKUMHAM ini juga sekaligus menekankan kepada peserta KKN-PPM bahwa laporan yang mereka susun tidaklah akan sia-sia karena akan didokumentasikan dalam bentuk buku ber-ISBN atau QRCBN dan juga HKI.

Yustina Elistya Dewi, S.Sos., M.Si menyatakankan harapan agar kedepannya peserta KKN-PPM mampu menciptakan beragam karya yang memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya intellectual property (IP).

Valentina Dyah Arum Sari, S.Pd., M.Hum selaku ketua KKN-PPM UMBY angakatan 45 mengungkapkan bahwa seluruh materi yang disampaikan dalam sesi pembekalan bertujuan menekankan pemahaman mengenai program KKN-PPM UMBY untuk mempersiapkan peserta dalam menyusun proposal yang menjadi dasar pelaksanaan program kerja.

“Acara pembekalan ini diharapkan membantu mahasiswa mengawali penyusunan program kerja dengan penuh kesiapan dan semangat untuk memberikan kontribusi positif dalam memberdayakan masyarakat”, pungkasnya.