Lembaga Kemahasiswaan FKIP Dituntut Buat Proker Berkualitas
26 Mar 2024
250
by Fitriana Fitriana

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (FKIP UMBY) telah menggelar acara serah terima jabatan dan pelantikan lembaga kemahasiswaan (LK) FKIP UMBY untuk periode tahun 2024. Acara diselenggarakan di Ruang Seminar Gedung Rektorat Kampus 1 UMBY, pada Jumat (22/03/2024).

Acara tersebut menghadirkan para mahasiswa terpilih yang menjadi pengurus LK di lingkungan FKIP, diantaranya ada pengurus Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika (HIMATIKA), Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (ESA/ Englis Education Association), Himpunan Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling (HIMABIKO), dan Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan (HIMARAGA). Selain peserta, acara juga dihadiri oleh Dekan FKIP yang sekaligus melantik para pengurus, disamping itu turut hadir pula Wakil Dekan, semua Kaprodi serta beberapa dosen di FKIP.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP, Nuryadi, S.Pd., Si., M.Pd., MCE., menyampaikan harapannya agar para pengurus baru dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan menjadi teladan bagi mahasiswa lainnya. Ia juga menekankan pentingnya peran LK dalam membantu menciptakan lingkungan akademik yang kondusif dan mengharapkan LK menjadi wadah pengembangan diri serta menumbuhkan rasa kekeluargaan bagi mahasiswa.

“Lembaga kemahasiswaan bukan sekadar organisasi untuk unjuk eksistensi, tetapi LK memiliki peran penting guna membantu menciptakan lingkungan akademik yang kondusif. Disamping itu, LK dapat dijadikan sebagai wadah pengembangan diri dan menumbuhkan rasa kekeluargaan bagi mahasiswa dalam berbagai keadaan ataupun kegiatan,” jelas Nuryadi.

Usai pelantikan ini, para pengurus LK dituntut untuk merancang berbagai program kerja yang berkualitas selama satu periode di tahun 2024. Harapannya berbagai kegiatan tersebut memberikan dampak positif bagi tingkat fakultas, universitas ataupun pihak luar kampus yaitu seperti untuk kegiatan pengabdian ataupun penelitian tertentu.

“Semoga LK ini nantinya dapat meraih dana hibah Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) yang diimplementasikan untuk berbagai program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, sehingga LK FKIP memang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” harap Nuryadi.