Lima Lembaga Kemahasiswaan FAI UMBY Laksanakan Sertijab
21 Mar 2024
272
by Farida Dian Farida Dian

Fakultas Agroindustri (FAI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) baru saja melaksanakan serah terima jabatan pengurus Lembaga Kemahasiswaan (LK) tingkat 2024 dengan tema “Agroindustri Bergerak Bersama dalam Satu Komitmen”. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Dr. Chatarina Lilis Suryani, S.TP., M.P., Wakil Dekan Ir. Nur Rasminati, M.P., Ketua dan Sekretaris Program Studi Agroteknologi, Peternakan, dan Teknologi Hasil Pertanian, serta pengurus lama dan calon pengurus baru lembaga kemahasiswaan. Kegiatan ini meliputi 5 LK yaitu BEM FAI, Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (Himatepa), Himpunan Mahasiswa Program Studi Agroteknologi (Himagro), Himpunan Mahasiswa Program Studi Peternakan (Himaster), dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Pangan (Himamip). Acara ini dilaksanakan di Ruang Seminar Gedung Rektorat Kampus I UMBY, Selasa (19/03/24).

Dekan FAI, Dr. Chatarina Lilis Suryani, S.TP., M.P berharap pengurus LK yang baru dapat melanjutkan praktik baik yang telah dicapai pengurus lama dan mengembangkan kegiatan-kegiatan yang lebih inovatif untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan.

“Terutama dalam menyongsong era indutri 4.0 dan era society 5.0 yang membutuhkan softkill collaboration, communication, IT, dan flexibility. Diharapkan kelima LK di Fakultas Agroindustri dapat bekerja sama, berkolaborasi dan bersinergi dalam melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan profesionalitas dan kemajuan fakultas,” imbuhnya.

Acara dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pengurus, sertijab, dan penyerahan Surat Keputusan (SK) para pengurus baru.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Ir. Reo Sambodo, S.P., M.M.A., sebagai narasumber dalam acara sertijab kali ini menyampaikan materi dan pengarahan tentang pengelolaan kegiatan Lembaga Kemahasiswaan di UMBY antara lain meliputi pedoman dan mekanisme pengajuan proposal kegiatan mahasiswa.

“Dalam penyusunan proposal teman-teman mahsiswa sudah sangat diberikan kemudahan tidak perlu menyusun dari awal lagi, sudah ada templatenya jadi mahasiswa tinggal mengedit-edit saja,” ungkap Ir. Reo.

Terakhir, dalam kegiatan tersebut Reo berharap organisasi mahasiswa semakin terpacu untuk berkompetisi, untuk itu sangat penting dukungan ormawa terhadap para anggotanya. Ormawa sebagai sebuah organisasi, ke depan harus semakin maju dan berkembang sehingga menjadi daya magnet bagi mahasiswa, banyak yang berminat dan bergabung menjadi bagian dari Ormawa.