Mahasiswa BK UMBY Raih Juara pada Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional
10 Jun 2024
116
by Fitriana Fitriana

Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) meraih juara III kategori musikalisasi puisi dalam ajang Lomba Puisi Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Tidar (Untidar) Magelang. Mereka adalah Muhammad Luthfi, Yoseph Karolus Lama Lewa, Riana Prihapsari, Auliana Ayu Sholekhah, dan Yasinta Barek Hayon.

 

Lomba dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dengan tema “Aku Indonesia, Aku Pancasila” diselenggarakan di Gedung Kuliah Umum dr. H.R. Suparsono, pada Sabtu (01/06/2024). Acara diikuti oleh peserta sebanyak 340 dari 80 perguruan tinggi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Lomba puisi ini terdiri dari tiga sub kategori yaitu lomba menulis puisi, lomba membaca puisi, dan lomba musikalisasi puisi. Mulanya diseleksi secara daring dengan mengambil 15 peserta yang dinyatakan lolos masuk babak final. Hasil tersebut diumumkan di akun Instagram @kemahasiswaan.untidar pada Selasa (28/05/2024).

 

Sebelum dinyatakan sebagai juara III dalam Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional, tim BK UMBY beradu bakat terlebih dahulu dengan tim dari Universitas Nurul Huda, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas PGRI Semarang dan Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Para peserta lomba tampak antusias dan memiliki bakat yang luar biasa, mereka saling bekerjasama untuk mengembangkan keterampilan musikalisasi puisi. Adapun juri yang menilai terdiri dari 3 praktisi sastra yaitu Hasta Indriyana, Wicahyanti Rejeki, M.Pd., dan Eko Triono, M.Pd., serta 6 dosen Untidar.

 

Kaprodi  BK UMBY, Luky Kurnaiwan, M.Pd., mengaku bangga atas partisipasi dan pencapaian mahasiswa BK dalam lomba tingkat nasional tersebut.

 

“Mahasiswa BK UMBY tidak hanya fokus pada sisi akademik saja, tetapi kami selalu memberi dukungan dan kesempatan untuk mengikuti berbagai kompetisi. Kami bangga dengan prestasi yang diraih mahasiswa BK, hal ini menunjukkan bahwa mereka selalu mengasah softskill sesuai bakat dan minatnya,” jelas Luky.

 

Mewakili tim, Auliana Ayu Sholekhah menyampaikan terimakasih kepada Prodi BK UMBY yang telah memberikan apresiasi dan dukungan sehingga tim BK dapat berpartisipasi bahkan meraih juara pada lomba musikalisasi puisi yang diadakan oleh Untidar.

 

“Terimakasih Prodi BK UMBY yang selalu mendukung mahasiswanya untuk terus berkembang bahkan hingga kami dapat meraih juara III lomba tingkat nasional. Disamping itu, kami berharap melalui lomba puisi ini dapat meningkatkan apresiasi terhadap puisi baik dari sisi isi maupun bentuknya, sehingga dapat mendalami makna puisi dan menyampaikan interpretasi secara kreatif,” ujar Auliana.