Mahasiswa FTI UMBY Juara Lomba Tingkat Nasional Cre A Science 10
07 Jun 2024
136
by Farida Dian Farida Dian

Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali menorehkan prestasi gemilang di ajang lomba nasional. Dalam kompetisi Cre A Science 10.0 yang diselenggarakan oleh Universitas Kristen Immanuel (UKRIM), dua mahasiswa dari FTI UMBY berhasil meraih juara di dua kategori yang berbeda.

Dwi Misbachul Munir, mahasiswa Program Studi Informatika, berhasil meraih juara 2 dalam lomba programming. Dengan kemampuannya yang mumpuni dalam bidang pemrograman, Dwi mampu bersaing dengan peserta lain dari berbagai universitas di Indonesia. “Saya sangat bersyukur dan bangga bisa meraih juara 2. Ini adalah hasil dari kerja keras dan dukungan dari dosen serta teman-teman di UMBY,” ujar Dwi.

Sementara itu, Risal Mutaqin, mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, juga tidak kalah mengharumkan nama UMBY. Ia berhasil meraih juara 3 dalam lomba video kreatif. Video karyanya yang mengusung tema inovasi teknologi dalam kehidupan sehari-hari mendapatkan apresiasi tinggi dari para juri. “Kemenangan ini memotivasi saya untuk terus berkarya dan berinovasi dalam bidang teknologi,” kata Risal.

Lomba Cre A Science 10.0 merupakan ajang kompetisi tahunan yang diadakan oleh Universitas Kristen Immanuel yang bertujuan untuk mendorong kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Lomba ini berlangsung mulai dari tanggal 18 Mei hingga 1 Juni 2024 dengan mengusung tema besar "Kesiapan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam Indonesia menuju Indonesia Emas 2045”. Rangkaian kegiatan dimulai pada 18 Mei 2024 diawali dengan sosialisasi peserta, dilanjutkan acara pembukaan resmi pada 29 Mei 2024 dan penjurian lomba dari 30 Mei hingga 1 Juni 2024. Puncak acara sekaligus penutupan serta pengumuman pemenang diadakan pada 1 Juni 2024, bersamaan dengan lomba debat yang diselenggarakan secara offline.

Tahun ini, lomba tersebut diikuti oleh 119 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Universitas Kristen Immanuel sebagai tuan rumah, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas Kristen Teknologi Solo, Institut Shanti Buana dari Kalimantan Barat, STIKOM Uyelindo Kupang, Universitas Ottow Geissler Papua, Politeknik Caltex Riau, Universitas Ciputra Surabaya, Universitas Kristen Krida Wacana, Universitas Tidar Magelang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Siber Asia, Politeknik Bhakti Semesta Salatiga, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan Universitas Bumigora.

Keberhasilan Dwi dan Risal tidak terlepas dari bimbingan dan dukungan dari para dosen di FTI UMBY. Dekan Fakultas Teknologi Informasi, Mutaqin Akbar, S.Kom., M.T., mengapresiasi usaha dan dedikasi yang ditunjukkan oleh para mahasiswa.

“Kami selalu berusaha memberikan bimbingan dan fasilitas terbaik untuk mendukung mahasiswa dalam mengembangkan bakat dan minat mereka.” tutur Mutaqin.

Dengan prestasi yang diraih di lomba Cre A Science 10.0, FTI UMBY terus menunjukkan komitmennya dalam menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi di era digital ini. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademika UMBY, khususnya Fakultas Teknologi Informasi untuk terus berinovasi dan berkarya demi kemajuan bangsa dan negara.