Mahasiswa Psikologi UMBY Ikuti Pertukaran Pemuda ke Australia
08 Jul 2024
205
by Fitriana Fitriana
Foto: Dhiaulhaq Aumane Paningkava, mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta lolos terpilih di Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) Tahun 2024

Dhiaulhaq Aumane Paningkava, mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta lolos terpilih sebagai Perwakilan Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) Tahun 2024. PPAN merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Kegiatan ini digelar untuk menggali dan mengembangkan potensi pemuda melalui kerjasama internasional. Ulhaq sapaan akrabnya mewakili Provinsi Kepulauan Riau. Ulhaq akan melakukan kegiatan selama 4 bulan, bulan November hingga Desember 2024 akan berlangsung di Canberra Australia kemudian berberlanjut di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada bulan Desember 2024 hingga Januari 2025.

 

Seleksi PPAN sangat kompetitif sebab dari 33 provinsi di Indoensia yang mengirimkan delegasi dengan total pemuda sekitar 150 yang bersaing hanya 21 posisi yang tersedia. Para peserta harus mengikuti serangkaian tes, seperti tes administasi, tertulis, wawancara, bakat dan kesenian, essay, dan lainnya.

 

Ulhaq sangat bersyukur dapat terpilih dan memiliki kesempatan untuk menimba ilmu dan menggali pengalaman di Australia dan NTB, dengan harapan kontribusinya ini akan memberikan dampak positif bagi pribadinya, tanah kelahirannya ataupun untuk UMBY.

 

“Saya tertarik dan bersemangat mengikuti AIYEP 2024 karena dapat meningkatkan dan membangun jaringan internasional serta berkolaborasi dengan para pemuda dari berbagai latar belakang sehingga mendorong membentuk inovasi yang berdampak positif di bidang sosial, budaya, pendidikan, dan lingkungan,” urai Ulhaq.

 

Lanjut Ulhaq, nantinya di Australia akan melakukan berbagai kegiatan seperti penempatan kerja/internship, homestay, dan kunjungan ke sekolah serta komunitas setempat. Sedangkan untuk di NTB akan terlibat dalam berbagai kegiatan serupa seperti aktif di komunitas lokal untuk pengembangan sosial, budaya, pendidikan, dan lingkungan.

 

Kaprodi Psikologi UMBY, Santi Esterlita Purnamasari, M.Si., Psikolog, merasa bangga atas keberhasilan Ulhaq yang berhasil lolos mengikuti program pertukaran pemuda ke Australia. Keberhasilan ini tidak hanya menjadi bukti dari dedikasi dan kerja kerasnya, tetapi juga mencerminkan kualitas pendidikan dan bimbingan yang kami berikan di UMBY.

 

“Saya berharap pencapaian ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh mahasiswa UMBY untuk terus berusaha dan meraih prestasi. Mari kita bersama-sama menjaga semangat dan komitmen untuk memberikan yang terbaik dalam setiap kesempatan yang ada,” harap Santi.

 

Senada dengan Kaprodi Psikologi, Kepala Biro Kemahasiswaan UMBY, Ir. Reo Sambodo, S.P., M.M.A., mengatakan bahwa prestasi mahasiswa Psikologi atasnama Ulhaq merupakan komitmen UMBY dalam mendukung perkembangan bakat dan minat mahasiswa.

 

“Kami selalu mendukung kegiatan mahasiswa di bidang akademik ataupun nonakademik. Prestasi ini diharapkan menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk dapat mengasah dan mengembangkan kemampuannya di bidang yang disukai,” jelas Reo Sambodo.