Mahasiswa UMBY, Aqilla Hilmy Daffanuri Menangkan Kontes Kejuaraan Internasional Nikon Photo Contest 2022-2023
25 Sep 2023
426
by Farida Dian Farida Dian

Aqilla Hilmy Daffanuri, seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikomm) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) angkatan 2020, meraih penghargaan istimewa dalam Kontes Kejuaraan Internasional Nikon Photo Contest 2022-2023 yang diumumkan pada Kamis, 21 September 2023. Penghargaan ini diberikan dalam kategori Super Short Film untuk karyanya yang berjudul "The Last" yang memiliki durasi singkat sekitar 40 detik.

Penghargaan "Special Encouragement Award" tersebut diberikan oleh penyelenggara Nikon Photo Contest di Tokyo, Jepang. Nikon Photo Contest 2022-2023 adalah ajang bergengsi yang menampilkan karya-karya fotografi dan film dari berbagai negara di seluruh dunia. Dalam kompetisi ini, Hilmy sapaan akrab dari Aqilla Hilmy Daffanuri berhasil bersaing dengan para peserta dari seluruh dunia, mengukir prestasi luar biasa untuk dirinya sendiri dan juga untuk Indonesia.

"The Last" adalah karya film pendek yang menggambarkan kisah yang mendalam dalam waktu yang sangat singkat. Dengan gaya dan narasi yang unik, film ini berhasil memukau para juri Kontes Nikon Photo Contest dan mendapatkan apresiasi tertinggi di kategori Super Short Film. Hilmy, yang bertindak sebagai Lighting & Art dalam film ini telah menunjukkan bakat luar biasa dalam bidang seni visual. Kemenangan ini bukan hanya pengakuan atas keahliannya sebagai sineas muda tetapi juga merupakan pencapaian yang membanggakan untuk UMBY dan Indonesia.

Dekan Fikomm, Dr. Didik Haryadi Santoso, M.A. mengaku turut bangga atas pencapaian yang diraih oleh Aqilla Hilmy Daffanuri dan berharap kemenangan ini dapat memotivasi mahasiswa UMBY yang lain untuk mengikuti kompetisi. UMBY, khususnya Fakultas Ilmu Komunikasi, merasa bangga memiliki mahasiswa berbakat seperti Hilmy yang dapat mengharumkan nama universitas di tingkat internasional. Keberhasilan ini juga mendorong semangat para mahasiswa untuk terus berkarya dan mencapai prestasi yang lebih tinggi.

“Kami turut bangga dan mengapresiasi penuh atas pencapaian yang diraih oleh Hilmy. Semoga mahasiswa yang lain dapat termotivasi untuk terus mengembangkan bakat dan minatnya dengan mengikuti berbagai kompetisi lainnya. Fikomm UMBY akan berusaha terus memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan diri di segala bidang,” ungkapnya.

Aqilla Hilmy Daffanuri merasa senang karena Fikomm dan UMBY sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan kepada mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Ia berharap mahasiswa UMBY yang lain dapat termotivasi untuk mengikuti kompetisi dan terus mengembangkan diri.

“Terima kasih kepada Fikomm dan UMBY karena telah mendukung mengembangkan minat dan bakat kami. Semoga semakin banyak lagi mahasiswa UMBY yang mengukir prestasi lewat kompetisi Nasional maupun Internasional,” ujarnya.

Dalam sebuah pernyataan, Yohanes Kardono, yang merupakan pembuat film ini, merasa bangga atas prestasi ini dan berterima kasih kepada seluruh tim yang terlibat dalam pembuatan film "The Last."