Pimpinan UMBY Tinjau KKN dan Berikan Bantuan
13 Feb 2024
377
by Fitriana Fitriana
Foto: Perwakilan Yayasan Wangsamanggala dan Pimpinan UMBY Sampaikan Dana CSR

Pimpinan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), perwakilan Yayasan Wangsamanggala bersama tim Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN-PPM) XLIV melakukan kunjungan ke lokasi KKN di Padukuhan Nitikan Timur, Kelurahan Semanu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul pada Rabu (07/02/2024). KKN-PPM UMBY merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diharapkan mampu membantu mengatasi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

 

Kunjungan ini bertujuan untuk mendukung dan memotivasi mahasiswa dalam menjalankan program pengabdian masyarakat atau biasa disebut KKN khususnya yang berada di Semanu, Gunung Kidul.

 

“Kami rutin melakukan kunjungan setiap dilaksanakan KKN-PPM. Tentunya kami ingin memberikan dukungan dan memotivasi mahasiswa dalam menjalankan berbagai program kerja pengabdian kepada masyarakat,” jelas Rektor UMBY, Dr. Ir. Agus Slamet, S.TP., MP., MCE.

 

Disamping melakukan kunjungan KKN-PPM, pimpinan UMBY beserta jajarannya dan perwakilan Yayasan juga memberikan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR). Dana CSR sebesar Rp 25.000.000,- diberikan sebagai program peningkatan dan pengembangan desa di lokasi KKN-PPM. Tidak berhenti disitu, UMBY dan Yayasan Wangsamanggala juga menyampaikan beberapa peralatan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dikunjungi.

Pimpinan UMBY berserta jajarannya juga melakukan kunjungan di UMKM yang berada di Padukuhan Nitikan Timur. Diantaranya di UMKM Sangkar Burung milik Sunarno dan Aneka Rempeyek milik Sri Kustini. Hal ini dilakukan untuk memperkuat kemitraan antara UMBY dengan pelaku UMKM di lokasi KKN-PPM UMBY, guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperkuat jaringan industri.

 

Salah satu penerima bantuan dari UMKM Sangkar Burung, Sunarno mengungkapkan bahwa melalui bantuan alat dari UMBY dapat memudahkan pekerjaan karena tidak perlu menghaluskan kayu secara manual lagi sehingga penyelesaian pembuatan sangkar burung lebih cepat.

Pada kesempatan tersebut, pimpinan UMBY beserta jajarannya dan perwakilan Yayasan disambut oleh Panewu Kapanewon Semanu, Emanuel Krisno Juwoto, S.Sos., Lurah Kalurahan Semanu, Drs. Harto Muadzan, M.Si., dan Kepala Dukuh Nitikan Timur, Depi Nugroho serta seluruh tim KKN-PPM kelompok 26.

 

“Bantuan dari UMBY tentunya dapat mendorong pelaku UMKM di Semanu dalam meningkatkan kreativitas dan kualitas produk sehingga hal ini akan berdampak pada peningkatan perekonomian,” jelas Lurah Semanu, Drs. Harto Muadzan, M.Si.

 

Sementara itu Kepala Dukuh Nitikan, Depi Nugroho menjelaskan dengan adanya mahasiswa KKN UMBY di Padukuhan Nitikan membantu dalam membuka wawasan masyarakat terkait ilmu parenting, pencegahan stunting, pendampingan anak-anak kegiatan TPA, hingga gerakan menabung sejak dini.