Qonitah, Mahasiswa Ilkor UMBY Juarai Para Badminton Tunggal Putri SL3 di Skotlandia
08 Jul 2024
252
by Farida Dian Farida Dian
Foto: Qonitah Ikhtiar Syakuroh, Juara Para Badminton di Tunggal Putri SL3 Dalam Event Kejuaraan 4 Nations Para Badminton International Scotland 2024

Qonitah Ikhtiar Syakuroh, mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universita Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berhasil mendapatkan medali emas Para Badminton di Tunggal Putri SL3 Dalam Event Kejuaraan 4 Nations Para Badminton International Scotland 2024. Pada laga final yang berlangsung di Glasgow Skotlandia, Minggu (21/6/2024), Qonitah mengalahkan Mani Girishchandra Joshi dari India dengan skor 214, 21-16. Sebelumnya, ia lolos ke semifinal usai di round 2 babak penyisihan mengalahkan Sanjana Kumari (India) dengan 21-15, 21-7. Di round 3 penyisihan, menang atas Lauren Marchand (Perancis) dengan skor 21-10,21-3. Sedangkan di semifinal Qonitah menang 21-11,21-8 atas Celine Aurelie Vinot (Autralia).

Badminton World Federation (BWF) Para Badminton World Ranking merilis daftar atlet kategori WS SL3 dan menempatkan nama Syakuroh Qonitah Ikhtiar di posisi pertama dunia. Berbagai kejuaraan Internasional maupun Kejuaraan BWF Para Badminton berhasil diraih yang membuatnya terpilih mewakili Indonesia dalam Paralimpiade Paris 2024.

“Saya sangat bersyukur atas keberhasilan meraih Juara I pada kejuaraan di Skotlandia. Pencapaian ini membuat saya lebih semangat dalam persiapan menghadapi Paralimpiade 2024 di Paris. Terima kasih juga saya ucapkan kepada keluarga, teman-teman dan UMBY atas dukungan dan apresiasi yang diberikan kepada saya,” ungkap Qonitah.

Kepala Prodi Ilmu Keolahragaan UMBY, Ginanjar Nugraheningsih, S.Pd. Jas., M.Or, mengapresiasi keberhasilan Qonitah.

“Kami turut bangga dan mengucapkan selamat atas keberhasilan yang diraih mahasiswa kami, Qonitah, dalam kejuaraan internasional ini. Kedepannya Prodi Ilmu Keolahragaan FKIP UMBY akan terus menjembatani bagi atlet yang ingin mendapatkan pendidikan dan juga bisa tetap fokus latihan,” ujar Ginanjar.

Kini Qonitah sedang menjalani pemusatan latihan di Solo, Jawa Tengah untuk menghadapi ajang Paralimpiade Paris 2024.