Tim Dosen UMBY Raih Hibah Program Dana Padanan dengan Inovasi Pembelajaran Matematika Bebas Kecemasan
07 Jun 2024
462
by Farida Dian Farida Dian

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali menorehkan prestasi gemilang melalui tim dosennya yang berhasil meraih hibah Program Dana Padanan Batch 2 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Penghargaan ini diumumkan berdasarkan surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nomor: 0495/E.E1/KS.03.00/2024.

Tim yang terdiri dari Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd. dari prodi Pendidikan Matematika sebagai ketua, bersama dengan anggota Dian Sartika Sari, M.Psi. dari prodi Psikologi, Reny Yuniasanti, Ph.D. dari prodi Psikologi, Nanang Khuzaini, M.Pd. dari prodi Pendidikan Matematika, Mutaqin Akbar, M.T. dari prodi Informatika, dan Dangin, M.Hum. dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris, berhasil mengajukan proposal inovatif berjudul "Joymath Cognitive Behavioral: Inovasi Metode Pembelajaran Matematika Bebas Kecemasan". Proposal ini menekankan pada pengembangan metode pembelajaran matematika yang dirancang untuk mengurangi kecemasan siswa dalam mempelajari mata pelajaran tersebut.

Ketua tim, Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd., mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian ini dan menjelaskan tujuan dari proposal mereka. "Kami sangat bersyukur atas hibah ini. Proyek kami bertujuan untuk menciptakan metode pembelajaran matematika yang menyenangkan dan bebas dari kecemasan, sehingga siswa dapat belajar dengan lebih efektif dan tanpa tekanan," ujar Nafida.

Rektor UMBY, Dr. Ir. Agus Slamet, S.TP., M.P., MCE., menyampaikan apresiasinya atas pencapaian ini. "Prestasi ini menunjukkan komitmen dan dedikasi dosen-dosen UMBY dalam berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan. Kami sangat bangga dan berharap proyek ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pendidikan matematika di Indonesia," ujanya.

Dengan diraihnya hibah ini, UMBY terus berkomitmen untuk mendukung inovasi dan penelitian yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Keberhasilan tim ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh civitas akademika UMBY untuk terus berinovasi dan mengembangkan solusi-solusi kreatif dalam dunia pendidikan.