Tim PKM-PM UMBY Dampingi Siswa Tingkatkan Kematangan Karier melalui Virtual Reality
03 Jun 2024
144
by Fitriana Fitriana

Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) "Career in VR" dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan sosialisasi pengenalan PKM di SMA N 1 Sedayu pada Senin (27/05/24). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan PKM-PM yang bertujuan untuk meningkatkan kematangan karier peserta didik melalui penggunaan teknologi Virtual Reality (VR).

 

Tim PKM-PM merupakan hasil kolaborasi dari 5 mahasiswa yang berasal dari 2 program studi yang berbeda. Mahasiswa tersebut yaitu Cindy Okta Melinda, Anggie Kurniawati, Fajar Sujud Raharjo dari Program Studi Bimbingan dan Konseling yang fokus pada kematangan karier peserta didik. Kemudian dua mahasiswa dari program studi Informatika yakni Ibnu Rivansyah Subagyo dan Miftah Faozi, mereka membidangi penguatan aspek IT. Tim ini mengusung judul PKM “Good Career: Upaya Pengembangan Kematangan Karier Fase F Berbasis Virtual Reality Guna Mendukung Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Sedayu”. Mereka mengembangkan teknologi VR untuk membantu peserta didik yang masih kesulitan dalam memilih karier agar dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai pilihan karier yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

 

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Aula SMA N 1 Sedayu diikuti oleh sekitar 300 peserta didik. Selain pengenalan program, tim PKM juga memberikan materi mengenai pentingnya memilih karier yang sesuai dengan bakat dan minat. Antusiasme peserta didik sangat tinggi, terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber dan minat mereka dalam mencoba teknologi VR yang sedang dikembangkan oleh tim PKM.

 

"Kami sangat senang melihat ketertarikan peserta didik di SMA N 1 Sedayu terhadap program PKM ini. Kami berharap pengembangan teknologi virtual reality yang merupakan hasil kerja keras dan dedikasi tim kami dapat membantu peserta didik memilih karier dengan tepat,” jelas Ketua tim PKM, Cindy Okta Melinda.

 

Dosen pendamping PKM, Ruly Ningsih, M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan bidang penalaran yang di danai oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

 

“Melalui pendanaan PKM-PM diharapkan dapat mendukung ketercapaian indeks kinerja utama perguruan tinggi dalam hal peningkatan jumlah mahasiswa berprestasi di level nasional,” ungkap Ruly.

 

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA N 1 Sedayu, Sumari, S.Pd., M.Sc. menyampaikan melalui inovasi baru yang diperkenalkan menjadi langkah untuk membantu peserta didik dalam menentukan karier.

 

“Kami percaya program PKM ini memiliki potensi untuk mengarahkan peserta didik mencapai impian mereka dan menjadi pemimpin masa depan," ujar Sumari.

 

SMA N 1 Sedayu dipilih sebagai tempat pelaksanaan PKM karena teridentifikasi memiliki potensi yang besar dalam mengadopsi inovasi teknologi dalam pendidikan. Keputusan ini didasarkan pada komitmen tinggi sekolah dalam menghadirkan perubahan positif melalui teknologi, seperti yang terbukti dari antusiasme dalam menyambut program PKM dan tekad untuk memanfaatkan teknologi VR guna memperkaya pengalaman karier peserta didik. Terlebih lagi, banyak peserta didik di sekolah ini yang belum memiliki gambaran yang jelas mengenai pilihan karier. Melalui teknologi Virtual Reality (VR), SMA N 1 Sedayu dapat memberikan solusi nyata dengan menyediakan simulasi karier yang interaktif dan mendalam.