UMBY Jalin Kemitraan dengan MGBK Kabupaten Subang
09 Jul 2024
124
by Farida Dian Farida Dian

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menerima kunjungan dari Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMA Kabupaten Subang dalam rangka menjajaki peluang kerja sama untuk meningkatkan akses pendidikan bagi siswa-siswi di Subang. Kunjungan ini berlangsung pada Senin (8/7/2024), di Ruang Theater lantai 3 Kampus 1 UMBY. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas berbagai kesempatan yang dapat diambil untuk memperluas pendidikan bagi siswa SMA-SMK Kabupaten Subang di UMBY.

Rektor, Dr. Ir. Agus Slamet, S.TP., M.P., MCE mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan MGBK SMA Kabupaten Subang ke UMBY. “Kunjungan ini adalah sebagai wujud jalinan silaturahmi dan hubungan kemitraan antara MGBK SMA Kab. Subang dengan UMBY. UMBY memiliki berbagai macam beasiswa yang dapat membantu siswa-siswi SMA di Kabupaten Subang untuk melanjutkan pendidikan di UMBY,” ungkap Dr. Agus Slamet.

Ketua MGBK SMA Kab. Subang, Faisal Dwikusuma, S.Pd., Gr. berharap, dengan terjalinnya kemitraan kerja sama ini, dapat meningkatkan jumlah siswa-siswi SMA di kabupaten Subang yang berminat untuk melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan, khususnya di UMBY. Ia juga menyampaikan bahwa beasiswa juga menjadi salah satu motivasi agar siswa-siswi mereka semangat untuk belajar di UMBY.

“Ada berbagai macam beasiswa di UMBY yang disediakan untuk para mahasiswa. Ini adalah salah satu bentuk dukungan dan motivasi yang sangat berarti bagi kami. Diharapkan semakin banyak siswa-siswi khususnya dari SMA-SMA di Kabupaten Subang yang dapat mengakses pendidikan tinggi berkualitas di UMBY,” ujarnya.

Pertemuan ini juga menekankan pentingnya kemitraan dengan masyarakat sipil (civil society partnerships) dalam mendukung akses pendidikan yang lebih luas. MGBK SMA Kab. Subang dan UMBY sepakat untuk terus menjalin komunikasi dan kerja sama yang lebih intensif di masa depan. Peluang kerja sama kedepannya berencana untuk mengadakan program-program pendampingan, pelatihan, dan seminar yang dapat membantu siswa-siswi SMA di Kab. Subang dalam mempersiapkan diri untuk masuk ke UMBY.

Kunjungan ini diakhiri dengan simpulan pembahasan peluang kerja sama antara MGBK SMA Kab. Subang dan UMBY. Kedua belah pihak berharap bahwa kerjasama ini akan membawa manfaat besar bagi siswa-siswi SMA di Kab. Subang dan membantu mereka meraih impian untuk melanjutkan pendidikan di UMBY.