UMBY Masuk Klaster Utama Penelitian dan Pengabdian Kemendikbudristek 2023
03 Jan 2024
580
by Farida Dian Farida Dian

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) masuk Klaster Utama Perguruan Tinggi di Indonesia. Klasterisasi Perguruan Tinggi penyelenggara pendidikan akademik ini dilakukan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 2023. UMBY masuk kategori Klaster Utama berdasarkan Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 1350/E5/PG.02.00/2023 tanggal 28 Desember 2023 tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dengan klasterisasinya yaitu Klaster Mandiri, Utama, Madya, dan Pratama.

Klasterisasi perguruan tinggi tahun 2024 didasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode tahun 2020 hingga 2022. Data kinerja yang diperhitungkan merupakan data yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi meliputi data penulis (author), afiliasi (affiliation), artikel (article), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (intellectual property rights), dan buku (book).

Rektor UMBY, Dr. Ir. Agus Slamet S.TP., M.P., MCE. saat dimintai keterangannya, Rabu (3/1/2024), mengucapkan rasa syukur sekaligus apresiasi kepada civitas akademika UMBY atas pencapaian tersebut. 

“Syukur alhamdulillah atas peningkatan Klaster UMBY yang saat ini masuk Klaster Utama. Kami ucapkan terimakasih kepada Yayasan Wangsamanggala, bapak/ibu dosen, tendik dan mahasiswa yang telah berjuang untuk terus bersinergi meningkatkan kinerjanya. Semoga pencapaian ini bisa terus kita tingkatkan,” ungkap Dr. Agus Slamet.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama (P3MK) UMBY, Ir. Setyo Utomo, M.P, menyatakan bahwa UMBY akan terus berkomitmen berupaya membangun suasana akademis di mana dosen dan mahasiswa senantiasa berkolaborasi untuk meningkatan mutu Tri Dharma Perguruan tinggi.