UMBY Tambah Satu Guru Besar Bidang Ilmu Psikologi Industri dan Organisasi
19 Feb 2024
500
by Farida Dian Farida Dian
Foto: Prof. Setyabudi Indartono, Prof. Alimatus Sahrah dan Dr. Agus Slamet saat penyerahan SK Guru Besar

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) memiliki guru besar baru. Prof. Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M., Psikolog, menyandang gelar profesor dan berhasil mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Psikologi Industri dan Organisasi.

Serah terima Surat Keputusan (SK) guru besar Prof. Alimatus Sahrah berlangsung di Ruang Teater Gedung Rektorat Lantai 3 UMBY, Jumat (16/2/2024). Penyerahan SK Guru Besar itu diserahkan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V kepada Rektor UMBY Dr. Ir. Agus Slamet, S.TP., M.P. MCE, selanjutnya diserahkan kepada Prof. Alimatus Sahrah.

Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah V, Prof. Setyabudi Indartono, MM., Ph.D mengucapkan selamat dan sukses, UMBY berhasil menambah lagi Guru Besar.

"Prof. Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M., Psikolog merupakan guru besar (Gubes) ketiga di UMBY. Prestasi tersebut tidak sekadar membanggakan, tapi juga bisa menginspirasi bagi yang lain. Dengan begitu diharapkan bisa memberikan kontribusi akademik, dalam bidang psikologi industri sehingga bisa memberikan arah yang signifikan. Selain itu dapat menghasilkan penelitian yang unggul," kata Prof. Setyabudi Indartono.

Hal senada dipaparkan Rektor UMBY, Dr. Agus Slamet, semangat dari Prof. Alimatus Sahrah yang akrab disapa Bu Aline dalam meraih Guru Besar dapat menular ke teman-teman dosen di UMBY.

“Pada awal-awal saya menjadi Rektor UMBY, dosen-dosen kami kumpulkan dan sangat kami dorong untuk terus berprestasi, termasuk bisa meraih jabatan fungsional tertinggi. Suatu hal membanggakan pada awal tahun ini, dosen Fakultas Psikologi UMBY, Prof Aline berhasil meraih SK Guru Besar Bidang Ilmu Psikologi Industri dan Organisasi,” tuturnya.

Masih menurut Dr. Agus Slamet, saat ini ada 33 dosen UMBY sedang tahap menyelesaikan pendidikan S3 dan kedepannya bisa menuju Guru Besar. Dengan meraih Guru Besar, masa pensiunnya pun dapat diperpanjang 5 tahun.

Sementara itu Prof. Alimatus Sahrah mengungkapkan sangat beterimakasih kepada segenap pihak seperti dari keluarga, teman-teman dosen, dekan dan rektor UMBY hingga Yayasan Wangsa Manggala.

“Keberhasilan saya ini tentu saja merupakan anugerah besar dari Allah Yang Maha Kuasa atau mendapat ridho dari-Nya. Dengan amanah sebagai Guru Besar, menjadi pemicu juga untuk terus bersemangat mengamalkan ilmu lebih luas atau lebih banyak lagi. Artinya pula sesuai dengan slogan UMBY, Angudi Mulyaning Bangsa,” papar Prof. Alimatus Sahrah.

Ia pun berharap, kedepannya bisa memperbanyak penelitian sesuai bidang ilmunya, sehingga memberi banyak manfaat. Bahkan bisa membantu mewujudkan cita-cita UMBY untuk mengadakan Program S3 Psikologi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor UMBY Bidang Akademik, Ir. Wafit Dinarto, M.Si., MCE dan Wakil Rektor UMBY Bidang SDM, Tutut Dewi Astuti, S.E., M.Si., Ak., CA., CTA., ACPA., MCE., CTFAIA. Ada pula pengurus Yayasan Wangsa Manggala Teguh Wahyudi, S.E dan Mami Lestari, S.Psi, dekan/wakil dekan, sejumlah pejabat struktural UMBY serta tamu undangan.