UMBY Wisuda 944 Lulusannya, 51 Persen Berpredikat Cumlaude
29 Apr 2024
263
by Farida Dian Farida Dian

Sebanyak 944 mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menjalani prosesi Wisuda Sarjana ke-48 dan Pascasarjana ke-23 Tahun Akademik 2023/2024 pada Sabtu (27/4/2024). Dari jumlah tersebut, 878 mahasiswa atau sekitar 93 persen dari seluruh wisudawan berhasil mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3.00 dan yang berpredikat cumlaude atau dengan pujian sebanyak 477 orang atau 51 persen.

Berlangsung di Kampus I UMBY Sedayu, Bantul, Rektor UMBY, Dr. Ir. Agus Slamet, S.TP., M.P., MCE memaparkan bahwa wisuda periode April 2024 tersebut diikuti sebanyak 923 sarjana Strata 1 (S1) dan 21 orang pascasarjana Strata 2 (S2).

“Dengan jumlah kelulusan tersebut, maka UMBY sejak tahun berdirinya sebagai Universitas Wangsa Manggala telah mampu mempersembahkan lulusan kepada bangsa Indonesia, sebanyak 21.047 orang,” katanya.

Para lulusan ini, lanjut Dr. Agus Slamet, merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab UMBY sesuai dengan harapan pendiri UMBY Almarhum Bapak H.R Probosoetedjo yakni ”Angudi Mulyaning Bangsa” kepada bangsa dan negara Indonesia.

Lebih jauh Dr. Agus Slamet mengingatkan, setelah lulus hendaknya jangan pernah berhenti belajar, karena sumber belajar tidak hanya dari kampus saja. Namun dari segala persoalan, kesukaran serta lingkungan sekitar.

“Saya percaya kalian merupakan bagian dari lulusan yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah. Yakni senantiasa memgamalkan ilmu yang dimiliki dan amal yang dilakukan berdasarkan ilmu pengetahuan yang memberi manfaat” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Rektor juga berpesan, hendaklah setelah wisuda ini untuk terus mengembangkan ilmu dan pengetahuan agar bisa mengikuti tantangan dan perkembangan zaman yang maju pesat, terutama pada era revolusi industri 4.0.

Selain berbagai prestasi yang mampu dicapai, pada wisuda kali ini juga disertai pemberian penghormatan kepada wisudawan yang telah meninggal.

Wisudawan tersebut atas nama Puti Paramita yang lulus dengan IPK 3,70. Puti meninggal dunia menjelang hari bahagianya diwisuda dari Kampus UMBY. Ayah almarhumah yaitu Cahya Karlan dan Ibunda Rusnani menerima pemberian penghormatan untuk buah hatinya saat prosesi wisuda.

"Kami selaku orangtua dan wali dari Puti Paramita mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas apresiasi yang diberikan untuk almarhumah putri kami tercinta. UMBY memberikan kesempatan dan kemudahan dalam mengembangkan sumber daya manusia terutama kelas karyawan. Pesan dan harapan kami semoga UMBY ke depannya semakin berkembang, sukses dan menjadi kampus terbaik sepanjang masa," kata Cahya Karlan.

Sementara itu, Kepala Biro Kerjasama Humas dan Keprotokolan UMBY, Widarta, S.E., M.M., CDMP menjelaskan tahun ini UMBY telah berhasil menembus 10 besar universitas terbaik di DIY. Sedangkan di tingkat nasional UMBY berada peringkat 112 dari 3.200 PTN/PTS di Indonesia.

Widarta menuturkan pada prosesi wisuda periode April ini, UMBY memberikan apresiasi atau penghargaan secara khusus kepada almarhumah Puti Paramita dari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi UMBY, yang meninggal dunia pertengahan Maret silam. “Untuk almarhumah Puti dalam wisudanya akan diwakili oleh ke dua orangtuanya,” papar Widarta.