UMBY Gelar Campuspreneur#2
24 Apr 2024
267
by Farida Dian Farida Dian

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sukses menggelar Campuspreneur#2 yang bertemakan Kartinipreneur “Literasi Keuangan & Emansipasi Wanita dalam Pengembangan UMKM di Indonesia” pada Selasa (23/4/2024). Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Road to Hari UMKM Nasional 2024 yang akan digelar pada acara Hari UMKM Nasional setiap 12 Agustus.

Campuspreneur sendiri merupakan salah satu Program Inkubator Bisnis dalam menumbuhkan wirausaha kampus di UMBY. Tujuan utama Campuspreneur adalah memberikan akses kepada wirausaha kampus agar dapat mengisi pojok campuspreneur yang berada di Kampus UMBY. Acara yang di gelar di Auditorium Kampus 3 UMBY ini dihadiri oleh 250 peserta dan tamu undangan.

Campuspreneur#2 memiliki beberapa rangkaian kegiatan termasuk diantaranya penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) bersama PT Mitha Azzahra Abadi sebagai bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi dan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia.

Dalam sambutannya, Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P., MCE, Rektor UMBY menyampaikan tentang filososfi Angudi Mulyaning Bangsa.

“Dengan kerja keras, UMBY ingin menciptakan kehidupan baru dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat dengan mengaplikasikan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Hal ini juga sejalan dengan visi dan misi UMBY yaitu menjadi Universitas yang unggul dibidang sociopreuner ditingkat nasional dan berwawasan internasional pada tahun 2029,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut, Prof. Gunawan Sumodiningrat, Dewan Penasehat Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) Nasional memberikan apresiasi kepada UMBY yang telah melakukan tridharma perguruan tinggi. Ia juga menyampaikan bahwa acara ini merupakan rangkaian kegiatan Road to Hari UMKM Nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 Agustus 2024 dimana UMBY menjadi salah satu kolaboratornya.

Sementara itu, Adam Sya’dani perwakilan dari BPD DIY juga menyampaikan bahwa Campuspreneur ini merupakan sinergi BPD DIY bersama UMBY dan 7 perguruan tinggi lainnya. “Tujuan utama dari kegiatan campuspreneur adalah memberikan akses kepada wirausaha kampus agar dapat mengisi pojok campuspreneur yang berada di setiap kampus yang menjadi mitra BPD DIY,” ujarnya.

Pada sharing session penumbuhan, penguatan dan pengembangan UMKM, Siti Rohmani, Owner Ayam Ungkep Buwani, menyampaikan tentang kreatifitas dalam melawan keterbatasan, menjaga pelanggan dan melakukan sinerji dan kerjasama dengan pihak ketiga dalam mengembangkan usahanya. 

Denny Aries, Presiden Direktur PT. AKU MPOS UMKM juga menambahkan tentang Apps AKU sebagai aplikasi pengembangan teknologi informasi untuk mendukung ekosistem bisnis di berbagai sector usaha meliputi kuliner, retail, wisata, hiburan, pertanian dan pasar.

“Appsku juga mendirikan Rumah Aku yang siap untuk sinerji dan kolaborasi bersama UMBY dan stakeholder lainnya dalam mewadahi para UMKM mengembangkan bisnis mereka lebih maju dengan beragam layanan dan program pelatihan yang akan membantu meningkatkan kualitas dan daya saing bisnis UMKM,” tambahnya.

Inkubator Bisnis UMBY sebagai pelaksana Campuspreneur berharap kegiatan ini tidak hanya memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan bisnis dan profesional mereka, tetapi juga dapat memberikan kontribusi positif bagi komunitas kampus dan masyarakat sekitarnya.