MGBK Semarang Diskusi Kesehatan Mental di Kampus UMBY
26 Apr 2024
517
by Farida Dian Farida Dian

Dalam rangka menjalin kerja sama dan kemitraan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melalui Biro Pemasaran menerima kunjungan dari Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMK Kabupaten Semarang pada Kamis (25/4/2024). Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Kampus 3 UMBY dengan menghadirkan dosen Bimbingan dan Konseling (BK) UMBY, Rully Ningisih, M.Pd sebagai pembicara yang  membahas terkait Kesehatan Mental di Era Kurikulum Merdeka melalui Layanan Support-group.

Rully mengungkapkan, satu dari 3 remaja (34.9%) - setara dengan 15.5 juta remaja di Indonesia memiliki satu masalah kesehatan mental dalam 12 bulan terakhir. Selain itu Satu dari 25 remaja (5.5%) - setara dengan 2.45 juta remaja di Indonesia memiliki gangguan mental dalam 12 bulan terakhir. Salah satu bentuk gangguannya adalah gangguan kecemasan

“Hanya 2.6% anak muda yang dengan masalah kesehatan mental yang dapat mengakses layanan kesehatan mental /konseling. Problem tersebut menyangkut problem emosi maupun perilaku dalam 12 bulan terakhir. Hal itu mendorong guru BK berinovasi dalam layanan Bimbingan dan Konseling. Melalui layanan support group konseling banyak keunggulan yang didapat antara lain menumbuhkan komunikasi dalam kelompok, sekaligus memberikan contoh komunikasi yang efektif dalam kelompok dan menawarkan validasi atas perasaan anggota kelompok,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, hadir rektor UMBY, Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P., MCE mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan MGBK Semarang.

“Kunjungan ini sebagai wujud jalinan silaturahmi dan diskusi terkait kesehatan mental yang bertujuan mengatasi masalah mental dan juga meningkatkan pelayanan BK di sekolah,” ungkapnya.

Eti Nurfitasari, S.Pd. selaku ketua MGBK Kabupaten Semarang turut bangga terhadap kemajuan UMBY baik secara kualitas pembelajaran dan sarana pendidikan.

“Materi seminar pada acara ini memberikan pengetahuan lebih komperhensif pada guru BK terkait layanan kesehatan mental, yang dapat dilakukan secara support group untuk menjaga kedinamisan hubungan psikologis antara guru BK, siswa dan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Biro Pemasaran UMBY, Zaenal Wafa, M.Kom berterima kasih kepada MGBK Kabupaten Semarang atas  segala bentuk dukungan dari civitas  akademika  terhadap kemajuan  kampus UMBY. Ia juga berharap acara ini dapat berlangsung pada tahun yang akan datang.